-->

Latah Terhadap Lathi

Post a Comment
Saya bukanlah penggemar hal trending atau viral. Tapi kadang saya pun tertarik untuk mengetahuinya. Dalam urusan Youtube, meski sering menonton, saya kurang minat dengan apa yang sedang trending. Kebanyakannya hanya berisi lagu-lagu Korea atau konten lain yang tidak jelas menurut saya.

Kemarin, suami menonton wawancara Dedy Corbuzer terhadap Weird Genius. Mereka adalah orang yang berada di balik kesuksesah lagu Lathi. Hmm,, sepertinya saya pernah melihat tumbnail nya di Youtube, namun waktu itu saya pikir lagu India, tidak saya buka. Rupanya adalah karya anak bangsa yang telah mendunia.

Karena penasaran saya pun menonton lagu tersebut di Youtube.

Sebagai penikmat musik yang tidak terlalu paham dengan musik, setidaknya saya bisa mengatakan bahwa lagunya enak di dengar. Dan yang membuatnya menjadi lebih istimewa adalah video klip nya yang menarik.

Baik musik, lirik, dan video clip, Lathi menggabungkan unsur kemodernan dengan unsur tradisional Indonesia. Perpaduannya yang pas menyebabkan lagu Lathi menjadi unik.

Bahasa utama yang digunakan dalam lagu ini adalah bahasa Inggris. Mungkin karena itu juga lebih mudah dipahami secara internasional. Sentuhan bahasa Jawa di dalamnya menambahkan keunikan dan daya tarik tersendiri terhadap lagu ini.

Musik yang digunakan pada dasarnya musik dengan gaya ngebeat. Tapi dengan halus bisa berpadu dengan suara gamelan. Lirik berbahasa Jawa yang dibawakan dengan nada sinden benar-benar memberikan efek yang berbeda.

Penataan video klip nya sangat bagus. Konsep yang digunakan mengemas budaya Indonesia yang tradisional dalam bungkus modern. Benar-benar memberi nilai tambah pada lagu ini.

Setelah dua bulan, saya baru menonton video ini. Sudah lebih dari 60 juta kali ditonton. Ada banyak video reaction dari orang luar negeri terhadap lagu ini. Ada pula yang telah mengcover lagu ini.

Selain itu, tiktok berisi Lathi Challenge juga ikut menyebabkan lagu ini semakin viral. Walaupun akibatnya ada yang menyebut lagu ini sebagai lagu pemuja setan. Sungguh pernyataan tanpa dasar.

Sebagai sesama warga negara Indonesia, saya ikut bangga terhadap Weird Genius dengan karyanya Lathi. Semoga mereka terus menghasilkan karya yang membuat Indonesia bangga.

Related Posts

Post a Comment