-->

Istiqamah

Post a Comment
Dan apabila sudah teguh pendirianmu maka bertawakallah kepada Allah

Dalam menggapai sebuah cita-cita diperlukan kemauan yang besar. Kemudian diikuti oleh usaha yang keras. Dalam berusaha akan banyak sekali halangan yang menghadang. Diperlukan sikap istiqomah untuk melewati itu semua.

Istiqamah yaitu teguh pada pendirian. Tidak gentar pada sesuatu apapun juga. Tidak mudah goyah walau berbagai kesulitan datang. Dan inilah hal tersulit sesudah memulai.

Demi terwujudnya suatu mimpi. Seperti disebutkan diawal, perlu cita-cita dan kemauan yang besar. Dan sebelum usaha yang keras dilakukan, yang pertama sekali adalah memulai untuk berusaha. Memulai untuk berusaha sama dengan perubahan. Sayangnya, sangat sedikit menusia yang menyukai perubahan. Mereka sudah terbiasa dengan berbagai hal yang merea jalani walaupun hal tersebut tidak selamanya menyenangkan. Diperlukan usaha yang tidak sedikit untuk memulai sesuatu.

Ketika usaha dan perubahan itu telah dimulai, tahap selanjutnya adalah bertahan atau istiqamah dalam jalan yang sudah ditempuh. Dalam pepatah disebutkan, meraih sesuatu itu mudah, tapi mempertahankannya jauh lebih sulit lagi.


Mari kita benahi lagi komitmen kita, luruskan niat. Apapun yang menjadi cita-cita dan hendak kita capai semestinya hanya karena Allah. Dengan begitu setiap usaha tidak akan menjadi sia-sia. Menjadi pengingat di kala lalai, bahwa perjuangan ini belum selesai. Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang selalu istiqamah dan memegang teguh komitmen dalam jalan ini. Amien. Wallahu a'lam.

Related Posts

Post a Comment