-->

CSS MoRA di Brebes

Post a Comment

Pada tanggal 10-14 Desember 2008 diadakan Pembinaan Mahasiswa Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi dari Departemen Agama. Acara tersebut diadakan di Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Benda, Sirampog, Brebes, Jawa Tengah dan diikuti oleh 1035 mahasiswa yang menerima beasiswa.

Mahasiswa angkatan 2008 mengikuti pembinaan dari Depag. Sedangkan angkatan 2005-2007 melaksanakan pengabdian dalam empat divisi, yaitu divisi kesehatan, divisi keagamaan dan kemasyarakatan, divisi pertanian dan sejenisnya, divisi teknologi dan sains.

Pada hari pertama yaitu 11 Desember, diadakan acara sirkumsisi dengan pasien 91 orang anak. Siang harinya diadakan pembukaan yang dihadiri oleh pegawai Depag dan acara pembinaan santi berprestasi dibuka oleh Drs. H. Amin Haedari, M.Pd dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama 2008.

Dimalam hari seluruh mahasiswa mendapat materi pembinaan dari Depag. Kemudian masing-masing divisi kembali berkoordinasi untuk acara pengabdian esok harinya, karena masing-masing divisi terdiri dari berbagai universitas.

12 Desember, setiap divisi pengabdian sibuk dengan tugasnya masing-masing. Divisi kesehatan mengadakan penyuluhan kesehatan kepada santri di mesjid, ada juga pemeriksaan kesehatan di poskestren. Begitu juga divisi yang lain, ada yang mengadakan bimbel dan pelatihan. Beberapa mahasiswa yang lain membuka stand untuk promosi perguruan tinggi masing-masing. Sedangkan angkatan 2008 mendapatkan pembinaan dari depag. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu indoor dan outdoor.

Pada malam harinya diadakan istighosah bersama di mesjid. Walaupun cukup lelah di siang hari, mahasiswa tetap mengikutinya sampai jam 12 malam.

13 Desember acara pengabdian dilanjutkan. Divisi kesehatan mengadakan diskusi dengan Akper yang ada di Ponpes Al Hikmah, dan sebagian yang lain mengadakan pemeriksaan kesehatan terhadap para staf ponpes dan penduduk sekitar, dan hal yang sama juga dilakukan oleh divisi yang lain sesuai bidang mereka maing-masing.

Malam harinya diadakan persembahan dari masing-masing universitas, diselingi dengan orasi dari lima calon ketua CSS MoRA yang menyampaikan visi dan misinya. Acara berlangsung sampai pukul 1.30 pagi.

14 Desember adalah hari terakhir. Setelah shalat subuh mahasiswa merapikan barangnya masing-masing untuk kepulangan. Walau begitu masih ada beberapa agenda dulu yang harus dilaksanakan yaitu pemilihan ketua CSS MoRA yang baru dan penutupan.

Pemilihan ketua diadakan di lapangan terbuka. Sebelumnya, kembali dilakukan orasi oleh para calon dan sebuah pertanyaan untuk masing-masing calon. Ternyata pemilihan dan perhitungan suara memakan waktu yang lumayan lama. Pada sekitar pukul 12 siang perhitungan baru selesai. Gunaryo dari IPB menggantikan ketua sebelumnya Angga dari IAIN sunan Ampel.

Pukul dua siang penutupan baru bisa dilaksanakan. Setelah acara foto-foto, satu per satu universitas meninggalkan Ponpes Al Hikmah 2. UIN Jakarta dan IPB menjadi universitas terakhir yang meninggalkan pondok.

Selamat tinggal ponpes Al Hikmah 2, kalau Allah mengizinkan kami akan kembali lagi. Yang pasti, empat hari yang kami lalui di sini tidak akan kami lupakan begitu saja. Kelak kami akan kembali ke pesantren untuk sungguh-sungguh mengabdikan diri kami demi mencapai Ridho Ilahi.

Related Posts

Post a Comment