-->

Libur Jumat atau Ahad?

Post a Comment

Hari jumat merupakan hari raya kecil bagi umat Islam. Pada hari itu umat Islam berkumpul untuk melaksanakan Shalat Jumat. Pada waktu Shalat Jumat dilaksanakan, jual beli pun dilarang. Maka sudah selayaknyalah Hari Jumat menjadi hari libur bagi umat Islam.

Adapun di Indonesia, hari libur resmi adalah Hari Minggu, sedangkan Hari Jumat merupakan hari kerja. Hal ini kadang terasa miris, dengan penduduk Indonesia yang mayoritas muslim. Namun menggunakan hari libur umat lain sebagai hari libur resmi.

Walau begitu ada salah seorang rector yang mengemukakan kelebihan libur Hari Minggu. Menurut beliau kalau selama ini para pemuda selalu menghabiskan akhir pekan dengan yang namanya malam mingguan, maka kalau libur Hari Jumat, maka anak muda akan melakukan malam jumatan. Tapi ini hanya jok beliau.

Yang jelas menurut beliau, dengan masuknya para pekerja pada Hari Jumat, menyebabkan perkantoran memiliki mesjid, minimal mushalla. Apalagi perkantoran besar, banyaknya pekerja yang beragama muslim menyebabkan perkantoran tersebut harus menyediakan tempat ibadah bagi mereka. Begitu pula di kampus-kampus selalu tersedia mushalla dan bahkan mesjid bagi umat muslim, yang bisa di gunakan untuk shalat jumat pada hari-hari kuliah.

Adapun gereja, maka jarang perkantoran maupun kampus dan sekolah yang memilikinya. Salah satu alasannya adalah hari minggu adalah hari libur, jadi tidak akan nada yang mengisi gereja pada hari itu. Sedangkan kebaktian dilakukan pada Hari Minggu.

Kalau dipikir-pikir, benar juga yang beliau ungkapkan. Walau begitu, menurutkuu, hari libur untuk umat Islam, apalagi di sekolah keagamaan atau pun pondok pesantren akan tetap lebih baik pada Hari Jumat.,Agar pada hari tersebut, umat Islam bisa lebih mendekatkan diri pada Allah. Selain itu, baik libur atau tidak umat muslim pada Hari Jumat, mushalla tetap harus ada pada tempat-tempat tersebut dan tempat umum lainnya. Karena umat Islam menghadap tuhannya minimal lima kali sehari.

Dan akhirnya Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk kita.

Related Posts

Post a Comment