-->

Simulasi OSN

Post a Comment
Hari ini saya jadi pengawas simulasi OSN SMA di sekolah saya. Simulasi dilaksanakan di laboratorium komputer dan diikuti oleh 44 orang siswa. Semestinya ada 45 orang siswa yang mengikuti simulasi ini, namun satu orang tidak bisa berhadir dikarenakan sakit.

OSN adalah singkatan dari Olimpiade Siswa Nasional. Untuk tingkat SMA ada 9 bidang yang dilombakan. Untuk setiap bidangnya sekolah boleh mengirim maksimal 5 orang siswa. Oleh karenanya kami mendaftarkan total 45 anak untuk mengikuti OSN ini. Toh lokasinya di sekolah sendiri, dan jumlah komputer di laboratorium cukup memadai.

Untuk jumlah soal OSN setiap bidang mata pelajaran cukup beragam. Dari yang cuma 10 soal sampai ada yang hingga 100 soal. Waktu untuk menjawab soal juga bervariasi, mulai dari yang cuma 1 jam hingga ada yang sampai 3 jam. Begitu juga dengan sisitem penilaian, ada yan mengalami pengurangan nilai jika jawaban salah, ada juga yang tidak.

Saya hanya sebagai pengawas untuk memastikan siswa menjawab soal dengan tertib. Jika saya diharuskan menjawab soal-soal olimpiade tersebut, saya juga tidak mampu. Tapi saya tidak berkecil hati, lagi pula mata pelajaran dalam OSN ini bukan bidang yang saya ampu di kelas.

Berhubung hari ini cuma simulasi, jadi saya mengawas di sekolah sendiri. Sedangkan untuk lombanya nanti akan ada pengawas silang dan saya akan mengawas di sekolah lain. Semoga para siswa kami bisa berhasil hingga masuk ke final nanti.

Related Posts

Post a Comment