-->

Ramadhan 2023

Post a Comment

Awal Ramadhan 1444 Hijriah tahun ini jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Seperti biasa, awal Ramadhan sekolah kami pun libur.

Berikutnya kami masih memiliki tugas ngantor sampai tanggal 10 Ramadhan. Jika tahun sebelumnya masih ada sedikit kegiatan belajar mengajar, kali ini kegiatan kami difokuskan untuk membaca Al Qur'an.

Para siswa ada kegiatan tahsin Al Qur'an dengan beberapa guru pembimbing yang telah dipilih. Sedangkan guru-guru lainnya termasuk saya hanya berkewajiban untuk membaca Al Qur'an di kantor guru. Waktunya tidak lama, dari jam 09:00 hingga 10:30.

Kegiatan ini memang berlangsung sampai 10 Ramadhan, tadi bukan berarti kami ngantor setiap hari. Hari Minggu tetap libur. Selain itu wajib hadir hanya sesuai dengan jadwal ngajar saja. Jika tidak ada jadwal ngajar pada hari tersebut maka tidak wajib datang. Ada absen harian guru sesuai jadwal. Meski begitu tidak ada larangan untuk hadir setiap hari.

Saya sendiri semester ini cuma mengajar selama tiga hari perminggu, yaitu Selasa, Rabu, dan Kamis. Maka hari lainnya boleh tidak hadir. Tapi hati Jum'at kemarin saya tetap hadir karena kebetulan juga ada yang diurus di bagian sekretariat.

Bagian Pengajaran membuat kelompok mengaji bareng di WhatsApp. Setiap orang dipersilahkan memilih nomor juz untuk dibaca dan mengisi list di grup. Setelah semua selesai membaca, kemudian yang membaca juz 30 akan membacakan doa khatam Al Qur'an. Kemudian kelompok baru dibentuk lagi dengan cara yang sama.

Saya peribadi tidak banyak membuat target untuk Ramadhan kali ini. Tapi saya ingin minimal sekali khatam membaca Al Qur'an bulan ini. Adapun ibadah sunah lainnya semoga juga bisa Istiqomah.

Kali ini sengaja saya menulis kegiatan Ramadhan bulan ini. Selain karena lama tidak menulis dan ingin mengasah tulisan. Mungkin tulisan ini juga bisa jadi pengingat di masa depan jika saya lupa. Selamat menunaikan ibadah puasa. 😊

Related Posts

Post a Comment