-->

Tanya Jawab Amaliah Tadris

Post a Comment

Apa yang dimaksud dengan Amaliah Tadris?

Amaliah tadris adalah kegiatan praktek mengajar yang dilaksanakan oleh para siswa kelas akhir di beberapa pondok pesantren modern. Amaliah Tadris disebut juga dengan Tarbiah Amaliah.

Siapa yang melaksanakan Amaliah Tadris?

Amaliah Tadris dilaksanakan oleh semua siswa yang duduk di kelas akhir di pondok pesantren modern. Siswa kelas akhir yaitu siswa yang duduk di kelas 3 Aliyah atau kelas XII SMA/SMK sederajat. Kadang juga disebut sebagai siswa kelas 6.

Apa tujuan kegiatan Amaliah Tadris?

Amaliah Tadris tidak bertujuan untuk mencetak guru, melainkan sebagai pembekalan kepada siswa untuk kemampuan mengajar. Apa pun profesimu, jangan lupa mengajar.

Kapan Amaliah Tadris dilaksanakan?

Amaliah tadris dilaksanakan ketika para siswa sudah berada pada tahun terakhir pendidikan di pesantren. Pelaksanaannya bisa pada semester pertama atau kedua. Kebanyakannya dilaksanakan di semester dua atau akhir.

Pelaksanaannya bersamaan dengan kegiatan belajar-mengajar bagi siswa di kelas yang lain.

Apa yang diajarkan pada saat Amaliah Tadris?

Materi yang diajarkan pada saat Amaliah Tadris adalah materi pembelajaran kelas awal. Mata pelajarannya mencakup Bahasa Arab, Imla, Nahwu, Mutholaah, Mahfudzat, Fiqh, Hadits, Tafsir, Khot, dan Bahasa Inggris.

Siapa yang diajar pada saat Amaliah Tadris?

Yang diajar pada saat Amaliah Tadris adalah para siswa yang masih duduk di kelas 1, 2, dan 3 SMP/Tsanawiyah sederat di pondok pesantren itu sendiri.

Dimana Amaliah Tadris dilaksanakan?

Amaliah Tadris berupa praktek mengajar dilaksanakan di dalam kelas pada lingkungan pondok pesantren itu sendiri. Sedangkan proses naqad sesudahnya dilaksanakan di ruang lain.

Apa yang dimaksud dengan musyrif/musyrifah?

Musyrif/musyrifah adalah ustadz/ustadzah yang menjadi pembimbing siswa dalam kegiatan Amaliah Tadris. Seorang siswa bisa memperoleh satu orang pembimbing atau lebih. Musyrif membimbing siswa dari proses pembuatan i'dad sampai kegiatan naqad.

Apa yang dimaksud dengan i'dad?

I'dad adalah persiapan mengajar yang disusun dan ditulis oleh siswa sebagai bahan persiapan untuk kegiatan praktek mengajar dalam Amaliah Tadris. Isinya  mencakup langkah-langkah mengajar dan bahan materi yang diajarkan.

Apa yang dimaksud naqad?

Naqad adalah kegiatan mencari kesalahan siswa selama praktek mengajar kemudian mendiskusikannya dalam kelompok untuk mencari pembenaran/perbaikannya. Naqad diberikan oleh musyrif, siswa yang menjalani praktek mengajar, dan para teman sekelompoknya.

Apa yang dimaksud Amaliah Tadris Perdana?

Amaliah Tadris perdana adalah kegiatan praktek mengajar perdana yang dilaksanakan oleh seorang siswa kelas akhir dan disaksikan oleh seluruh musyrif dan siswa kelas akhir. Biasanya dipilih dari siswa yang dianggap memiliki kemampuan bahasa dan akhlak yang baik. Tujuannya sebagai contoh bagi siswa lain dalam pelaksanaan Tarbiah Amaliah.

Related Posts

Post a Comment