-->

Mengapa Awan Berwarna Putih

Post a Comment
Awan tampak berwarna putih karena cahaya matahari yang mengenai dan tersebar oleh partikel-partikel air atau kristal es di dalam awan. Ketika cahaya matahari melewati partikel-partikel tersebut, cahaya ini mengalami hamburan Rayleigh dan hamburan Mie.

Hamburan Rayleigh terjadi ketika partikel-partikel yang jauh lebih kecil dari panjang gelombang cahaya (seperti molekul-molekul udara atau partikel-partikel kecil dalam awan) menyebabkan cahaya dengan panjang gelombang pendek (seperti biru dan ungu) tersebar lebih banyak daripada cahaya dengan panjang gelombang yang lebih panjang. Akibatnya, cahaya yang dipantulkan oleh partikel-partikel tersebut ke mata kita cenderung memiliki dominan warna biru.

Hamburan Mie terjadi ketika partikel-partikel yang lebih besar dalam awan (seperti tetesan air atau kristal es) menyebabkan cahaya dengan semua panjang gelombang tersebar dengan merata. Ini menyebabkan cahaya yang dipantulkan oleh partikel-partikel tersebut tidak memiliki dominan warna tertentu, sehingga tampak putih.

Dalam beberapa kondisi langka, seperti saat matahari terbenam atau terbit, cahaya matahari harus melewati lapisan atmosfer yang lebih tebal, yang mengakibatkan hamburan lebih banyak, dan warna-warna lain seperti merah atau oranye menjadi lebih dominan pada awan. Sehingga, pada saat itu, awan dapat tampak berwarna-warni.

Related Posts

Post a Comment