-->

7 Manfaat Jaket Bagi Pengendara Sepeda Motor

5 comments

Sebagai seseorang yang menggunakan sepeda motor untuk berangkat ke tempat kerja, saya selalu memakai jaket saat bepergian. Pernah suatu ketika saya malas berangkat menggunakan jaket karena buru-buru. Akibatnya saya merasa kedinginan diterpa angin pagi.

Menggunakan jaket bagi pengendara sepeda motor bukan sekedar perkara tampil keren. Ada banyak manfaat jaket bagi pengendara sepeda motor.

1. Sebagai penahan dingin.

Ketika berangkat kerja di pagi hari, udara masih terasa dingin. Dan dingin tersebut akan sangat terasa bagi pengendara sepeda motor. Oleh karenanya banyak pengendara motor mengenakan jaket. 

Selain di pagi hari, fungsi lain dari jaket adalah penahan dingin di malam hari. Jika udara pagi saja terasa dingin, apalagi udara malam. Maka jaket sangat bermanfaat menahan dinginnya malam.

2. Sebagai penahan panas

Ketika mentari bersinar terik, maka pengendara motor pun terekspos panasnya. Jangan berpikir bahwa menggunakan jaket akan membuat gerah. Justru jaket berguna melindungu kulit dari cahaya matahari langsung. 

Yang pake baju lengan panjang saja kadang merasa panas, apalagi yang pakai baju lengan pendek. Kulit rasanya terbakar jika lama terkena sinar matahari langsung saat mengendarai sepeda motor. Oleh karenanya menggunakan jaket sangat berguna sebagai penahan panas matahari.

3. Sebagai penahan angin

Pengendara motor tentu diterpa angin ketika mengendarai sepeda motor. Terlalu sering dan lama terkena angin kencang tentu tak baik untuk kesehatan. Jaket bisa jadi penahan angin yang baik.

Selain itu, angin juga bisa meniup pakaian yang dikenakan saat berkendaraan. Misalnya bagi pengguna kerudung yang panjang, jilbab yang tertiup angin bisa mengganggu. Dengan memakai jaket, maka akan lebih aman dari terpaan angin.

4. Sebagai penahan gerimis

Ketika gerimis turun, jaket bisa jadi penahan basah. Apalagi jaket yang berbahan parasut. Pakaian yang di kenakan di dalam pun aman terlindungi saat dalam perjalanan. Tentu saja jika hujan lebat lebih baik pakai jas hujan atau berteduh.

5. Sebagai media promosi

Merk sepeda motor misalnya Honda, memberikan bonus jaket pada pembelian sepeda motor baru. Tujuannya tentu saja sebagai media promosi ketika jaket digunakan.

Jaket juga bisa digunakan sebagai media promosi produk atau jasa. Karena jaket pengendara motor digunakan di jalanan, tentu akan banyak orang yang melihatnya.

6. Sebagai identitas diri

Jaket bisa digunakan sebagai tanda pengenal. Beberapa kelompok membuat jaket bersama untuk menunjukkan identitas kelompok. Dengan menggunakan jaket tersebut tentu jadinya akan lebih mudah untuk dikenal.

7. Biar tampil keren

Ada banyak sekali model jaket di pasaran. Tentu saja, selain fungsinya sebagai pelindung, jaket juga berguna sebagao estetika. Pengguna bebas memilih jaket yang digunakan yang dirasa bagus dan cocok dengan kepribadiannya.

Demikianlah 7 manfaat jaket bagi pengendara sepeda motor. Ada yang mau menambahkan? Silakn tulis di kolom komentar.

Related Posts

5 comments

  1. Kalau di Indonesia meski panas, saat di lapangan saya prefer pakai jaket tujuannya untuk jaga kulit agar nggak terbakar mba Nisa :))) hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang jaket bisa lebih ampuh dari sunblock untuk nahan panas ya 😊

      Delete
  2. 1,2,3,4,6,7 fungsi jaket untukku 🙈
    Nomor 5 dilewati karena aku pakai jaket polos wkwkw
    Aku juga sama seperti Kak Eno, biarpun panas terik, aku akan tetap pakai jaket biar nggak gosong 🤣 hal seperti ini yang membuat orang asing yang datang ke Indonesia bingung "katanya panas tapi pakai jaket" 🤣

    ReplyDelete
  3. aku selalu pakai jaket kalau motoran mba hehehe
    apalagi kalau pas malam, nggak mungkin ga pake motor, malah adikku sebelum pakai jaket kadang dilapisi dengan rompi khusus pengendara motor mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suami saya juga pake rompi khusus pengendara, soalnya dia berangkat kerjanya lebih jauh.

      Delete

Post a Comment