-->

Mengapa Matahari Terbit di Timur

Post a Comment
Matahari terbit di timur karena rotasi Bumi dari barat ke timur. Bumi kita berputar pada sumbunya, yang berarti gerak rotasinya adalah searah dengan jarum jam jika dilihat dari atas kutub utara Bumi. Ketika Bumi berputar, tampaknya Matahari bergerak dari timur ke barat di langit.

Namun, perlu dicatat bahwa gerakan Matahari dari timur ke barat di langit sebenarnya disebabkan oleh rotasi Bumi, bukan gerakan sebenarnya Matahari itu sendiri. Matahari sebenarnya diam relatif terhadap Bumi kita, dan tampaknya bergerak karena rotasi Bumi.

Ketika Bumi berputar, daerah di timur Bumi yang lebih dekat ke Matahari akan mulai terpapar cahaya Matahari, sehingga menyebabkan matahari terbit. Oleh karena itu, kita melihat Matahari muncul di cakrawala timur setiap pagi sebagai hasil rotasi Bumi.

Saat Bumi terus berputar, Matahari akan mencapai titik tertinggi di langit pada siang hari (titik tertinggi disebut meridian) dan akhirnya terbenam di cakrawala barat saat Bumi terus berputar.

Jadi, fenomena Matahari terbit di timur dan terbenam di barat terjadi karena gerakan rotasi Bumi yang menyebabkan perputaran relatif antara Bumi dan Matahari.

Related Posts

Post a Comment