-->

Mengapa Langit Berwarna Biru

Post a Comment
Langit tampak berwarna biru karena perambatan cahaya matahari melalui atmosfer Bumi. Cahaya matahari terdiri dari berbagai panjang gelombang, dan saat cahaya tersebut memasuki atmosfer, gelombang-gelombang tersebut akan bertabrakan dengan partikel-partikel di atmosfer.

Ketika cahaya matahari masuk atmosfer, gelombang-gelombang yang memiliki panjang gelombang pendek seperti biru lebih mudah tersebar melalui tabrakan dengan partikel-partikel atmosfer. Proses ini disebut sebagai hamburan Rayleigh. Akibatnya, cahaya biru tersebar ke segala arah dalam atmosfer, termasuk ke mata kita, sehingga langit tampak berwarna biru.

Sementara itu, gelombang-gelombang dengan panjang gelombang yang lebih panjang seperti merah kurang terpengaruh oleh hamburan Rayleigh, sehingga cahaya merah cenderung tidak tersebar secara signifikan dan tampak lebih redup.

Namun, perubahan dalam kondisi atmosfer seperti keberadaan partikel-partikel debu atau polusi udara dapat mempengaruhi warna langit. Misalnya, jika ada banyak partikel kecil atau polusi di udara, cahaya dapat tersebar lebih banyak, menyebabkan langit tampak lebih kusam atau bahkan berwarna oranye keabu-abuan.

Related Posts

Post a Comment