-->

7 Bahasa Asing Paling Populer di Indonesia

Post a Comment
Bahasa adalah alat komunikasi yang penting. Selain bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia, kita juga mengenal bahasa daerah dan bahasa asing. Dari berbagai negara yang ada di dunia, maka bahasa asing pun begitu banyak. Diantara sekian banyak bahasa tersebut, beberapa diantaranya cukup populer di Indonesia. 

1. Bahasa Inggris


Sebagai bahasa internasional, tentu saja Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang sangat populer di Indonesia. Bahasa ini bahkan termasuk dalam kurikulum mata pelajaran sejak siswa duduk di bangku SMP.

Oleh karenanya, cukup banyak penduduk Indonesia yang mahir berbahasa Inggris. Disamping itu banyak sumber informasi di internet yang tersedia dalam Bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris bukan sekedar gaya-gayaan, tapi sudah menjadi kebutuhan.

2. Bahasa Arab


Islam adalah agama mayoritas di Indonesia. Al-Qur'an sebagai kitab suci umat muslim menggunakan Bahasa Arab. Oleh karenanya sekolah berbasis agama Islam mengajarkan Bahasa Arab di sekolah. Beberapa pesantren bahkan menerapkan wajib menggunakan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Maka tidak heran jika Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang populer di Indonesia.

Bahasa Arab juga penting dipelajari untuk mendalami kitab-kitab karangan para ulama terdahulu yang menggunakan Bahasa Arab. Kedepannya, kaum muslim yang berangkat haji pun tentu merasa lebih nyaman jika bisa berbahasa Arab.

3. Bahasa Korea


Gelombang Korea telah lama sampai ke Indonesia. Para wanita banyak yang suka nonton drama Korea, entah semasa masih muda, atau sampai sekarang masih menggandrungi Drakor.

Meskipun memahami drama dengan membaca subtitle yang berbahasa Indonesia, tentu telinga mendengarkan ucapan bahasa Korea. Sedikit banyak kosakata seperti SarangHae pasti diingat.

Belum lagi banyaknya grup idol berupa singer dari Korea, hal ini membuat Bahasa Korea cukup banyak digandrungi di Indonesia.

4. Bahasa Jepang


Produk anime dari Jepang telah beredar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Anime ini tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Selain anime, lagu-lagu Jepang pun cukup banyak penggemarnya. Hal ini menyebabkan Bahasa Jepang juga popuper di Indonesia.

Selain dari dunia hiburan, dunia kerja juga menuntut adanya kemampuan berbahasa Jepang. Indonesia juga menjalin kerjasama dengan negara ini. Mahasiswa peminat jurusan Bahasa Jepang tidaklah sedikit.

5. Bahasa Mandarin (China)


Sebelum Indonesia merdeka, bangsa China sudah datang ke Indonesia. Ras Tionghoa pun banyak yang menetap di Indonesia. Namun tetap saja, bahasa Mandarin termasuk ke dalam bahasa asing, dan bukan bahasa daerah.

Semakin lama, bahasa China semakin populer diiringi dengan masukkan drama China mewarnai dunia hiburan di Indonesia. Saat ini drama China tidak kalah populer dengan drama Korea di Indonesia.

6. Bahasa Jerman


Hiburan berupa drama berbahasa Jerman memang tidak terlalu populer. Namun Bahasa Jerman sendiri tidak kekurangan peminatnya.

Kuliah jurusan Bahasa Jerman tetap diminati. Saat pergi ke toko buku seperti Gramedia, pasti menemukan kamus dan buku pembelajaran bahasa Jerman yang membuktikan bahwa bahasa ini diminati.

7. Bahasa Perancis


Sama seperti halnya Bahasa Jerman, Bahasa Perancis adalah bahasa di benua Eropa yang cukup diminati oleh orang Indonesia. Bisa berbahasa Perancis dijadikan suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi, orang yang bisa berbicara Bahasa Perancis tentu lebih sedikit dibandingkan orang yang bisa berbahasa Inggris.

Kamus dan buku Bahasa Perancis bisa diperoleh dengan mudah di banyak toko buku.

Penutup


Ketujuh bahasa asing di atas memang tidak ditulis dalam urutan mutlak. Tapi semuanya adalah bahasa yang sangat populer di Indonesia. Banyak penduduk Indonesia yang menguasai lebih dari satu bahasa asing tersebut.

Kamu bisa bahasa yang mana?

Related Posts

Post a Comment